Dari Mana Sumber Penyakit Gatal Berasal ?

Dari Mana Sumber Penyakit Gatal Berasal ?





Pada musim musim tertentu , cuaca sering berubah dengan cepat. Pagi sampai siang terik, sore hujan petir. Perubahan cuaca dan suhu yang begitu cepat sering berdampak pula pada kulit, seperti timbulnya penyakit kulit gatal. Meskipun tidak begitu membahayakan, gatal-gatal di kulit, jika digaruk dan menimbulkan luka dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius.

Apa Penyakit Kulit Gatal Itu?


Penyakit kulit gatal adalah penyakit yang menyebabkan stimulus atau rangsang untuk menggaruk. Garukan akan menimbulkan rasa nyaman, namun dapat membuat permukaan kulit menjadi lecet. Jika sudah lecet, kuman-kuman yang ada pada lingkungan atau benda yang digunakan untuk menggaruk dapat masuk ke dalam jaringan kulit sehingga timbul masalah lain di luar penyakit kulit gatal.

Berbagai Macam Penyakit Kulit Gatal

Penyakit kulit gatal sering dialami oleh setiap orang. Penyakit kulit ini biasanya sangat menggangu penampilan. Berikut ini macam-macam penyakit kulit gatal yang sering menyerang manusia.


1. Penyakit Kulit Eksim

Penyakit eksim termasuk penyakit kulit yang sering menyerang manusia. Timbulnya penyakit ini ditandai dengan kulit yang mengalami kemrahan, pecah-pecah, bersisik, dan menimbulkan rasa gatal yang hebat terutama pada malam hari. Penyakit eksim pun ditandai dengan muculnya gelembung-gelembung kecil. Gelembung-gelembung tersebut mengandung air atau nanah. Gelembung-gelembung itu akan membengkak, melepuh, dan terasa gatal serta panas.

Penyakit eksim sering menyerang bagian tubuh, seperti tangan, kaki, lipatan paha, dan telinga. Penyakit eksim ini disebabkan oleh alergi yang timbul karena reaksi kimia tertentu. Misalnya, zat kimia yang berasal dari detergen, kosmetik, atau obat-obatan. Penyakit eksim ini pun dapat ditimbulkan karena pengaruh kepekaan metabolisme tubuh terhadap jenis makanan tertentu, seperti udang, ikan laut, vetsin, dan lain sebagainya.

Selain disebabkan oleh berbagai macam penyebab yang telah disebutkan di atas, penyakit eksim pun bisa diakibatkan karena pengaruh iklim dan udara, seperti cuaca yang dingin dan debu. Penyakit ini sering menyerang orang yang rentan terhadap alergi. Penyakit ini pun sering kambuh lagi jika sudah sembuh. Jadi, agar terhindar dari penyakit ini, harus menghindari hal-hal yang mengakibatkan alergi.


2. Penyakit Kulit Kudis (Skabies)

Salah satu penyakit kulit yang patut diwaspadai adalah penyakit kudis atau skabies. Penyakit kudis disebabkan oleh parasit atau tungau, yaitu Sarcoptes scabiei var hominis. Penyakit ini sering terjadi di daerah yang sistem sanitasi dan kebersihannya kurang baik.

Gejala yang timbul dari penyakit ini antara lain timbul rasa gatal yang hebat pada malam hari, gatal-gatal di area sela-sela jari tangan, di bawah ketiak, pinggang, alat kelamin, daerah siku, dan permukaan pergelangan. Penyakit kudis mudah sekali menular, baik secara langsung (bersentuhan dengan penderita) ataupun tidak langsung (melalui handuk atau pakaian).


3. Penyakit Kulit Kurap

Penyakit kurap termasuk penyakit kulit gatal yang cukup menganggu penampilan. Penyakit ini disebabkan oleh jamur. Gejalayang ditimbulkan dari penyakit ini antara lain kulit menjadi tebal dan timbul rasa gatal , bersisik, dan berair. Penyakit ini umumnya diakibatkan karena kurang terjaganya kebersihan kulit. Penyakit ini sering menyerang bagian leher, tengkuk, dan kulit kepala.

4. Penyakit Kulit Bisul

Penyakit bisul termasuk salah satu penyakit kulit yang menimbulkan gatal. Penyakit ini timbul karena infeksi kulit berupa benjolan yang tampak memerah. Benjolan tersebut semakin lama akan semakin membesar dan akhirnya pecah. Biasanya, ketika bisul pecah, akan mengeluarkan cairannanah. Penyakit ini bisa timbul di seluruh bagian tubuh.

Bisul diakibatkan oleh infeksi bakteri Stafilokokus aureus. Risiko terkena penyakit bisul semaikn meningkat jika kebersihan tubuh tidak dijaga, luka yang menjadi infeksi, atau pemakaian bahan kimia berbahaya.

5. Penyakit Kulit Campak

Salah satu penyakit kulit yang sering meyerang manusia adalah penyakit campak. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Umunya, penyakit kulit campak meyerang anak-anak. Oleh karena itu, anak-anak mendapatkan vaksin penyakit campak sejak balita. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjangkitnya penyakit campak.

Penyakit campak menimbulkan gelaja, seperti demam, bersin-bersin, sakit kepala, badan lesu, kurang nafsu makan, dan radang mata. Jika sudah terjangkit penyakit ini, akan timbul ruam merah yang sangat gatal. Ruam merah itu akan terus menyebar ke beberapa bagian tubuh dan bertambah besar.

Penyebab Penyakit Kulit Gatal

Berbagai hal dapat menyebabkan penyakit kulit gatal atau rasa gatal pada kulit. Penyakit kulit tertentu, gangguan dari lingkungan seperti gigitan jenis serangga tertentu, kaligata dan aneka gangguan kulit seperti dermatitis alergika, dermatitis atopik, dermatitis kontak, dan parasit dapat menyebabkan penyakit kulit gatal.

Selain sebab-sebab yang telah disebutkan di atas, penyakit kulit gatal juga bisa disebabkan oleh alergi atau sentuhan dengan jenis serat tertentu misalnya wol. Cuaca yang panas juga akan menyebabkan keringat di bagian lipatan tubuh atau bagian-bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat seperti daerah tangan dan kaki. Keringat akan menciptakan keadaan lembab dan hangat sehingga bakteri atau jamur tertentu berkembang biak di sana dan menimbulkan rasa gatal.

Untuk menjaga tubuh kita dari serangan penyakit kulit yang menyebalkan tersebut, Anda harus mengetahui penyebab gatal-gatal pada kulit terlebih dahulu. Berikut ini penyebab penyakit kulit.

1. Alergi

Penyakit kulit gatal yang disebabkan oleh alergi dapat diredakan dengan menjauhkan dan menghindari benda-benda yang memicu terjadinya penyakit kulit gatal seperti wol, ikan asin, atau udang. Biasanya, penyakit kulit gatal akibat alergi akan mereda begitu benda-benda alergan dijauhkan.

Penyakit kulit gatal akan menjadi parah apabila digaruk dan bekas garukan menyebabkan terjadinya infeksi. Jika sudah infeksi penanganannya sudah harus melibatkan dokter.

2. Bakteri

Pada penyakit kulit gatal akibat bakteri, awalnya bisa jadi karena gigitan serangga atau penyakit kulit lain yang menimbulkan gelembung berisi cairan. Karena gatal, tangan menggaruk, gelembung pecah sehingga bakteri masuk ke dalam bekas gelembung. Masuknya bakteri menimbulkan koreng yang bernanah. Sebaiknya gelembung tidak dipecahkan, biarkan mengering dengan sendirinya.

Pecahnya gelembung dapat memperlebar area infeksi bakteri dan menyebabkan luka bernanah. Jika sudah timbul nanah, sebaiknya konsultasikan pengobatan dengan paramedis atau dokter setempat untuk penanganan yang lebih tepat.

3. Jamur

Penyakit kulit gatal yang disebabkan oleh jamur biasanya menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan. Gatal-gatal biasanya terjadi pada area lipatan seperti lipatan paha, tangan, perut, dan area di sekitar anus. Obat anti gatal dan anti jamur dapat meredakan masalah ini. Obat dapat berupa salep maupun obat yang diminum.

Jika tidak digaruk dan menimbulkan infeksi, gatal akibat jamur dapat dihilangkan dalam beberapa hari. Agar pengobatan lebih efektif, oleskan salep terus menerus selama 2 minggu atau sesuai dengan petunjuk penggunaan obat. Panu, kadas, kurap juga dapat disembuhkan dengan cara di atas.

4. Virus dan Parasit

Virus dapat masuk ke dalam tubuh ketika daya tahan tubuh menurun. Akibatnya akan timbul bintik-bintik gelembung berisi cairan. Sedangkan parasit biasanya akan menyebabkan gatal di malam hari, bagaikan ada kutu kecil yang tengah berjalan. Jika gejala-gejala tersebut muncul, Anda sebaiknya segera mengonsultasikannya dengan dokter kulit atau dokter umum terdekat.




Posted by Amelia Natasja , Published at 18.27 and have 0 comments
Posting Komentar