Makanan Penyebab Gatal

Makanan Penyebab Gatal



www.solusigatal.com


Pada orang dewasa yang sehat, makanan tidak menyebabkan gatal-gatal. Kulit gatal setelah makan makanan tertentu disebabkan oleh reaksi alergi. Anda dapat menderita kulit gatal setelah makan makanan tertentu jika Anda memiliki alergi makanan, alergi terhadap serbuk sari atau mengembangkan ruam setelah menyentuh beberapa makanan. Jika Anda melihat bahwa makanan tertentu menyebabkan kulit Anda gatal atau menjadi bengkak, harap konsultasi dengan dokter Anda. Kulit gatal, bersama dengan wajah bengkak, mungkin merupakan tanda dari reaksi alergi yang parah.


Kejadian alergi makanan adalah penyebab umum untuk kulit gatal. Setelah mengkonsumsi makanan yang memancing alergi , Anda bisa terkena iritasi kulit seperti, gatal-gatal atau eksim. Gatal-gatal merupakan tanda umum anafilaksis, reaksi alergi yang parah. Makanan yang menyebabkan alergi dan kulit Anda gatal di antaranya ikan, kecambah, kacang tanah, susu, telur, kedelai dan gandum. Dengan alergi makanan, kadang disertai gejala-gejala lain, seperti sesak napas, mengi, wajah bengkak, diare, mual dan komplikasi sinus.

Sindrom Alergi Oral

Sindrom alergi oral adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan alergi serbuk sari. Sindrom ini menyebabkan gatal-gatal di atau di sekitar mulut. Gatal dan inflamasi dapat berkembang di mulut, bibir, tenggorokan atau wajah dan jarang menimbulkan reaksi serius. Sindrom ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh membingungkan protein dalam makanan tertentu sebagai jenis serbuk sari. Misalnya, jika Anda alergi terhadap serbuk sari alder mulut Anda mungkin menjadi gatal setelah Anda makan peterseli mentah, seledri, pir, almond, apel, ceri, persik atau hazelnut. Sindrom alergi oral diobati dengan antihistamin oral, memasak makanan sampai matang sebelum Anda makan atau imunoterapi.

Dermatitis Kontak Alergi

Beberapa makanan dapat menyebabkan kulit Anda menjadi gatal hanya dari menyentuh mereka. Tomat, buah jeruk dan selai kacang adalah makanan umum yang dapat mengiritasi kulit. Dermatitis kontak alergi menyebabkan peradangan bersama dengan gatal dan ruam lokal hanya di daerah di mana substansi telah menyentuh kulit. Dermatitis kontak alergi diperlakukan dengan menghindari paparan kulit langsung ke makanan. Jika Anda tanpa sengaja menyentuh makanan yang memicu kondisi ini, mencuci daerah yang berhubungan langsung dengan sabun dan air dan oleskan krim salep kami.

Pertimbangan

Jika kulit Anda gatal, jangan menggaruknya. Banyak kondisi kulit alergi memburuk ketika Anda menggaruk mereka. Jika gatal menembus kulit karena Anda telah tergores, Anda berada pada risiko mengembangkan infeksi kulit sekunder, seperti impetigo.
 
 
 






ARTIKEL INFORMATIF LAIN TENTANG PENYAKIT GATAL




Posted by Amelia Natasja , Published at 00.01 and have 0 comments
Posting Komentar