Mengenal Penyakit Kulit Infeksi Jamur Tinea Barbae

Mengenal Penyakit Kulit Infeksi Jamur Tinea Barbae




Tinea barbae merupakan salah satu bentuk infeksi jamur dermatofita yang menyerang  pada area dagu yang menyerang kulit dan folikel rambut.Biasanya disebabkan oleh jamur dari golongan Trichophyton dan Microsporum.Penyakit kulit ini selalu terjadi pada orang dewasa dan tidak pernah terjadi pada anak-anak.Biasanya terjadi pada orang-orang yang kurang menjaga kebersihan.Lingkungan yang kotor merupakan faktor yang mempermudah infeksi.





Gejala yang dirasakan oleh penderita biasanya berupa gatal kulit  dan rasa pedih pada daerah yang terkena infeksi disertai bintik-bintik kemerahan yang kadang bernanah.Pada keadaan kronik terlihat nanah dan munculnya sel-sel raksasa. Rambut didaerah yang terkena infeksi menjadi rapuh, tidak mengkilat, dan reaksi radang pada folikel.








Pengobatan Gatal Kulit Tinea Barbae




Pengobatan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan memberi berbagai macam obat seperti berikut :

  • Griseovulvin 500 mg-1 gram/hari selama 2-4 minggu.
  • itrakonazol 100 mg/hari selama 2 minggu
  • Ketokonazol 200 mg/hari selama 3 minggu

Selain dengan obat-obatan tersebut dapat juga diberikan obat dalam bentuk krim seperti ketokonazol 2% selama 5-7 hari dan itrakonazol 1% selama 5-7 hari.dapat juga diberikan antibiotika jika terjadi infeksi sekunder.


Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh terutama  di daerah dagu.Sebaiknya jenggot dicukur bersih.jaga juga kebersihan lingkungan disekitar untuk menghindari penyebaran jamur penyebab tinea barbae.



Posted by Amelia Natasja , Published at 14.44 and have 0 comments
Posting Komentar